Anda tentu pernah melihat sebuah tembok portable dalam sebuah ruangan atau auditorium. Tembok portable ini dinamakan partisi. Partisi ini digunakan untuk menyekat suatu ruangan dengan space yang cukup luas supaya bisa dibuat menjadi beberpa ruangan.
Ada berbagai jenis partisi. Salah satu jenis partisi yang paling umum digunakan adalah partisi lipat. Ketika dibuka, pintu dari dari partisi ini bisa dilipat. Jadi seringkali partisi ini disebut juga pintu lipat. Partisi lipat ini biasanya bisa dibuka hingga sudut 90 derajat hingga 120 derajat.
Selain secara fungsional digunakan untuk menyekat ruangan, partisi jenis lipat ini sengaja diciptakan untuk memberikan kesan estetis. Ruangan akan terlihat lebih estetis dengan dinding yang bersudut-sudut.
Tipe-tipe partisi lipat.
Sebagai orang awam, tentu belum banyak hal yang diketahui tentang partisi jenis lipat ini. Partisi lipat ternyata memiliki bayak sekali tipe, tidak hanya satu jenis tipe. Untuk setiap tipe biasanya sudah dilengkapi sebuah peredam suara. Hal ini karena partis ini biasanya digunakan untuk sebuah auditorium yang membutuhkan peredam suara supaya suara bisa teredam dengan baik.
Partisi jenis lipat yang paling umum digunakan dan cukup digemari adalah jenis partisi jenis lipat tipe samowa. Jenis ini memiliki rel roda di bagian atas dan bagian bawah partisi. Dengan rel roda ini partisi ini bisa lebih fleksibel untuk digerakan.
Partisi ini dihubungkan dengan sebuah engsel. Engsel yang digunakan adalah engsel kupu-kupu. Dengan engsel ini partisi jenis lipat bisa menjadi satu kesatuan yang cukup kokoh.  Jenis ini biasanya dibandrol hingga harga 2 juta. Tergantung jenis bahan kualitas pembuatan.
Selain jenis samowa ini, ada juga jenis lainnya yaitu partisi sorepa. Jenis partisi ini berfokus pada kemampuan redaman suaranya. Sebenarnya hampir setiap partisi sudah dilengkapi peredam suara, namun jenis ini kemampuan peredaman suaranya jauh lebih baik dan maksimal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
Jenis sorepaini sangat cocok untuk kebutuhan menyekat ruangan yang sering digunakan untuk sebuah acara yang mengeluarkan suara seperti ruangan seminar dan lain sebagainya.
Ada juga tipe elegan yang lebih fokus pada sifat estetisnya. Jenis ini biasanya dibuat dari bahan dasar kayu miranti dan dilengkapi ukiran-ukiran untuk meningkatkan sisi estetisnya.
Dari bahan, partisi sendiri bisa dibuat dari beberapa jenis bahan. Yang paling sering adalah dari kayu. Kayu dipercaya bisa lebih tahan lama dan bisa disesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan. Namun untuk tipe elegan, tak hanya menggunakan kayu, adapula yang menggunakan bahan dasar kaca untuk menambah kesan estetis.
Almunium juga bisa digunakan untuk bahan partisi, namun almunium cukup ringkih karena bisa penyok. Namun untuk warna akan bisa lebih tahan lama dan tidak pudar. Ada juga partisi dari plastic. Jenis ini biasanya digunakan sebagai penyekat kamar mandi karena bahan dasar plastik yang sangat tahan terhadap air.
Tips memilih partisi jenis lipat.
Memilih partisi jenis lipat untuk sekat ruangan tidaklah smebarangan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama dalah memastikan fungsi dari ruangan. Apakah ruangan tersebut untuk kebutuhan seminar, ruang rapat atau keperluan lain.
Setelah mengetahui kebutuhan ruangan untuk apa, pilih bahan dari partisi yang menunjang kebutuhan sekat ruangan. Misalnya untuk ruangan yang diganakan untuk seminar, disarankan menggunakan bahan yang kedap suaranya lebih baik supaya suara tidak memantul. Atau misalnya untuk sekat di toile, bahan plastik lebih disarankan dibandingkan bahan lain karena bahan ini tahan air.
Setelah kebutuhan fungsionalnya terpenuhi, Anda tinggal menyesuaikan stlye seperti warna dan lain sebagainya sebagai penunjang partisi lipat untuk sekat ruangan.